Tugas Kuliah mengenai Contoh Aplikasi Komunikasi Data


Selamat pagi, siang, sore, malem dan malem menjelang pagi buat Anda, semoga hari-hari anda diberikan keberkahan dan keselamatan. Oke cukup sampe sini pembukaanya.
lets! Cekidot!
 Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh aplikasi komunikasi data:

          1.Komunikasi Data Komputer Dengan Komputer
 Komunikasi data dari  komputer ke komputer dapat melalui sistem online sebagai berikut :

  • Realtime system

Suatu realtime system memungkinkan untuk mengirimkan data ke pusat komputer, diproses di pusat komputer seketika pada saat data diterima dan kemudia mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data saat itu juga. American Airlines merupakan perusahaan yang pertama kali mempelopori sistem ini. Dengan realtime system ini, penumpang pesawat terbang dari suatu bandara atau agen tertentu dapat memesan tiket untuk suatu penerbangan tertentu dan mendapatkan hasilnya kurang dari 15 detik, hanya sekedar untuk mengetahui apakah masih ada tempat duduk di pesawat atau tidak.


  • Time sharing system

Time sharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai (gambar 4.5). Disebabkan waktu perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat Input/Output tidak dapat mengimbangi kecepatan dari CPU, maka kecepatan dari CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani beberapa alat I/O secara bergantian.Salah satu penggunaan time sharing system ini dapat dilihat dalam pemakaian suatu teller terminal pada suatu bank.


  • Distributed data processing system
Distributed data processing (DDP) system merupakan bentuk yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari time sharing system. Bila beberapa sistem komputer yang bebas tersebar yang masing-masing dapat memproses data sendiri dan dihubungkan dengan jaringan telekomunikasi, maka istilah time sharing sudah tidak tepat lagi. DDP system dapat didefinisikan sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan seitap komputer mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu sistem.

Contoh Aplikasinya adalah :
FTP FileZilla
FileZilla merupakan salah satu open source software yang berguna untuk urusan transfer file. Sejak pertama kali melakukan instalasi WordPress saya semakin familiar menggunakan FileZilla untuk urusan transfer file dan plug in. Ini bukan karena FileZilla support dengan bahasa Indonesia, melainkan karena pengoperasiannya mudah dilakukan. FileZilla merupakan Blogging Tools dalam blogging file upload yang prinsip kerjanya hampir sama dengan Explorer. di Windows. Bisa dengan cara copy paste, atau dengan cara drag and drop dari asal ke tujuan transfer file.

SmartFTP
SmartFTP memungkinkan anda untuk men-transfer file melalui internet. Fitur-fiturnya seperti Explorer, tampilan antar muka yang dapat disesuaikan, dan men-support fungsi drag-and-drop. Anda tidak perlu merasa khawatir terhadap gangguan apapun atau dengan multipane Windows Explorer seperti tampilan antar muka, disini anda adapat mengatur toolbar dan windowpane sesuai kesukaan anda.

PuTTY
PuTTY merupakan aplikasi untuk melakukan remote login ke komputer lain melalui jaringan dengan menggunakan protokol Telnet atau SSH. Jadi kita bisa memerintahkan komputer nun jauh di sana seolah-olah komputer itu berada di depan kita.

Yahoo! Messenger
Yahoo Messenger (YM) merupakan aplikasi chat yang digunakan banyak orang. banyak orang yang tahu kalau YM itu hanya bisa digunakan untuk chating dan mengetahui email masuk saja. tapi sebenarnya masih banyak fungsi YM tersebut. disitu kita bisa mendengarkan musik, bermain game dari yahoo, mengetahui cuaca, dan masih banyak lagi.

RealVNC
VNC (Virtual Network Computing) merupakan program dalam kategori yang aman serta bersahabat dengan Antivirus baik lokal maupun Interlokal. kelebihan dari program ini yaitu dapat bekerja di beberapa operating system yang berbeda. contohnya, agan dapat mengakses komputer di rumah yang terkoneksi dengan internet dan memiliki Operating Windows ketika agan berada di kantor yang menggunakan linux, atau sebaliknya.


          2. Komunikasi Data Komputer Dengan Terminal 


  • Workstation Mikrokomputer
  • Mikro computer untuk tujuan umum atau workstation input/ output dengan sirkuit pintar dan CPU.
  • Terminal Remote Entry Job
  • Terminal yang digunakan secara batch dengan menggunakan punched card.
  • Terminal Facsimile (FAX)
  • Terminal yang dapat mentransmisikan gambar yang tepat dari dokumen hard copy  melalui jalur telepon dan sirkuit satelit di seluruh dunia
  • Terminal POS (Point Of Sale)
  • Terminal yang biasa digunakan di supermarket, toko-toko dan departemen store.    Terminal tsb dilengkapi dengan sistem untuk transaksi pembelian dan memungkinkan database untuk merefleksikan status perusahaan pada saat itu.
  • Terminal Dumb / Intelligent
  • Terminal Dumb adalah terminal video yang tidak ikut ambil bagian dalam pengontrolan dan pemrosesan tugas. Terminal Intelligent dilengkapi dengan CPU. Semua terminal diatas kecuali fax dapat berupa terminal dumb atau intelligent.

Contohnya Dapat berupa :

MODEM : Modem adalah alat elektronik yang dapat mengubah (memodulasi) komunikasi digital antara computer ke dalam nada yang dapat ditransmisikan melalui jalur telepon. Data yang diterima kemudian diubah dari suara ke informasi digital
LAN Card :Pada jaringan berskala local (LAN) data komputer ditransmisikan melalui media transmisi dan diterima kembali di komputer penerima melewati sebuah LAN-card atau disebut juga Network Interface Card (NIC) atau Ethernet-card. Pada komputer, LAN-card biasa dipasang pada salah satu slot ekspansi pada motherboard komputer. Pada NIC terdapat konektor yang berfungsi untuk memasang kabel komunikasi yang terhubung dalam jaringan.


          4. Komunikasi Data Peralatan Dengan Peralatan 

Komunikasi data yang terjadi antar sesama Peralatan pada jalur komunikasi fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan, seperti : telepon, telegraf, telex, dan dapat juga dengan fasilitas lainnya.

          Demikian sekilas artikel mengenai komunikasi data. Jika dalam artikel ini kurang lengkap, akan saya update dikemudian hari. Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
Jangan lupa untuk komen dan share artikel saya..

Comments

Popular posts from this blog

Tumis kulit melinjo " Tangkil "

Tugas Komunikasi Data "Media Transmisi Komunikasi Data, Guided Media"