Cara Orasi Yang Baik Dalam Menyampaikan Pendapat

          Dalam negara indonesia yang menganut sistem demokrasi kita dibebaskan dalam menyampaikan pendapat asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dalam menyampaikan pendapat didepan publik banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu orasi. 

          Orasi adalah berbicara di depan orang banyak dengan tujuan agar maksud pidato diketahui dengan seksama sehingga pesan yang terkandung didalamnya diketahui pula oleh penerima informasi.

          orasi sering dilakukan oleh mahasiswa, buruh, lembaga, organisasi, komunitas,dan lainnya tentang suatu permasalahan yang berkembang dalam momentum demonstrasi, seminar, simposium dan kegiatan lainnya.

          Orasi banyak dilakukan dalam demonstrasi sekelompok orang/masyarakat yang dirugikan yang biasanya isi orasi tentang penolakan kebijakan pemerintah atau lembaga terkait. Bentuk orasi lainnya yaitu orasi ilmiah biasanya disampaikan oleh mahasiswa secara sistematis, dan berdasarkan bukti-bukti dan bentuk yang bisa diterima secara ilmiah


          Seperti yang kita ketahui bahwa tergulingnya orde baru pemerintahan Soeharto tidak terlepas oleh pengaruh orasi yang dilakukan mahasiswa, sehingga mampu menumbuhkan semangat mahasiswa untuk melengsrkan Soeharto pada zaman itu.

           Jadi bagaimana cara berorasi yang mampu menggugah hati semua pendengarnya ?
baik lah saya akan mencoba membagi beberapa cara berorasi yang baik.


1. Pahami tema/topik

Yang paling penting. sebelum kita orasi kita itu harus paham dulu dengan materi yang akan kita sampaikan, jangan sampai nanti waktu ditengah orasi kita malah bingung atau asal bicara, yang ada malah kita yang disuruh pulang. 

2. Menggunakan bahasa yang tepat
Dalam berorasi usahakan jgn memakai bahasa/logika yg sulit gan, agar massa mudah mengerti. karena tujuan orasi adalah untuk mengajak semua orang agar sependapat dengan kita. 


3. Menyampaikan orasi secara berurutan
Berurutan itu maksudnya secara teratur gan, pertama - tama kita menyampaikan tujuan orasi kita, permasalahan yang kita bahas serta dengan menyertakan data - data yang akurat.
kedua kita memberikan solusi dan kritikan terhadap permasalahan yang kita bahas tersebut.


4. Semangat dan Pantang Menyerah
Bagaimanapun semangat nya kita, kita harus mampu mengontrol diri, soalnya kita yang memimpin. kalau kita sendiri yang hilang kendali, malah jadi perang. yang ada tuntutan kita malah tidak didengarkan.

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang harus dipelajari untuk menjadi orator yang baik gan, ini hanya sedikit pengalaman saya selama ini saja. karena kita tahu berdiri didepan umum dan dilihat banyak orang itu susah, butuh waktu belajar. tidak bisa semalam belajar langsung bisa. 


Comments

Popular posts from this blog

Tumis kulit melinjo " Tangkil "

Tugas Komunikasi Data "Media Transmisi Komunikasi Data, Guided Media"

Tugas Kuliah mengenai Contoh Aplikasi Komunikasi Data